Luiz Suarez Dapat Hukuman Berat Dari FIFA




Habis sudah riwayat Luis Suarez. Komite Disiplin FIFA menjatuhkan sanksi larangan bermain kepada penyerang Uruguay, Luis Suarez, atas tindakannya menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada menit ke-79, laga Grup D Piala Dunia, di Estadio Das Dunas, Natal, Selasa (24/6/2014).

Suarez boleh saja lolos dari hukuman wasit, namun jika Italia mengajukan protes secara resmi ia bisa kena batunya. Rekaman pertandingan menunjukkan dengan jelas dirinya melakukan gerakan seperti hendak menggigit bahu Chiellini saat kedua pemain berebut bola sundulan di area kotak penalti Italia. Rekaman video ini bisa jadi bukti kuat untuk menghukum Suarez.

Ini bukan kali pertama Suarez berulah dengan giginya yang semi tonggos. Saat masih memperkuat Ajax Amsterdam di Liga Belanda, ia kedapatan menggigit pemain PSV Eindhoven Ottmar Bakkal. Sebagai ganjaran, striker berusia 27 tahun ini dikenai hukuman selama 7 pertandingan.
Bukannya kapok, Suarez kembali berusaha menggigit lawan beberapa tahun kemudian, tepatnya April 2013. Kali ini ia sudah berseragam Liverpool dan bermain di Liga Inggris. Korbannya bek Chelsea Branislav Ivanovic. Ketika itu Chelsea bertandang ke Stadion Anfield. Saat sedang menunggu sepak pojok, Suarez yang dikawal Ivanovic tiba-tiba saja menggigit tangan sang bek. Ia pun mendapat skorsing 10 pertandingan.

Nah, bagaimana dengan aksi gigitannya di Piala Dunia 2014 ini? Jika sampai mendapat hukuman, Suarez bisa absen lama dari pentas internasional. Di level klub, skorsing 7-10 laga hanya membuatnya absen selama beberapa bulan saja. Tapi karena timnas lebih jarang bermain, bila skorsing selama itu menimpanya ia bakal absen berseragam Uruguay selama setidaknya 2 tahun.

Berikut keputusan FIFA:

- Luis Suarez dianggap telah melanggar Pasal 48 ayat 1 huruf d Kode Disiplin FIFA (FDC) (serangan) dan Pasal 57 dari FDC (tindakan tidak suportif kepada pemain lain).

- Luis Suarez dihukum sembilan pertandingan resmi. Hukuman mulai berlaku pada pertandingan Piala Dunia selanjutnya antara Kolombia melawan Uruguay pada 28 Juni 2014. Sisa hukuman berlaku pada pertandingan internasional selanjutnya yang dilakoni Uruguay selama tim lolos, dan/atau mewakili tim pada pertandingan resmi berikutnya sesuai dengan Pasal 38 ayat 2a FDC.

- Luis Suarez dilarang mengambil bagian dalam setiap jenis kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola (administrasi, olahraga, atau lainnya) untuk jangka waktu empat bulan sesuai dengan Pasal 22 FDC.

- Luis Suarez dilarang hadir di stadion sesuai dengan Pasal 21 FDC, sebagai berikut: Luiz Suarez dilarang memasuki batas-batas stadion apa pun selama dihukum (poin 3). Luis Suarez dilarang memasuki batas-batas setiap stadion di mana tim Uruguay bermain selama sembilan pertandingan (poin 2).

- Luis Suarez wajib membayar denda sebesar 100.000 franc Swiss.
Keputusan ini sudah disampaikan kepada pemain dan Federasi Sepak Bola Uruguay.
“Perilaku seperti itu tidak dapat ditoleransi di setiap lapangan dan khususnya tidak di Piala Dunia saat jutaan pasang mata menyaksikan bintang-bintang di lapangan. Komite Disiplin memperhitungkan semua faktor dan tingkat kesalahan Suarez sesuai dengan ketentuan yang relevan dengan Kode Disiplin. Keputusan ini mulai berlaku segera setelah diumumkan,” kata Ketua Komite Disiplin FIFA, Claudio Sulser.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »