6 Situs Yang Dapat di Pakai Mahasiswa Semester Akhir Menyusun Skripsi

Menyusun skripsi itu itu adalah kegiatan menguraikan ide kita dalam bentuk tulisan yang harus memenuhi kaedah ilmiah, maka trik yang kedua adalah MEMPELAJARI TATA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR dengan sungguh-sungguh. Bila kita tidak mengerti kaedah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar bagaimana kita akan menuliskan gagasan kita secara ilmiah, sistimatis dan logis. Tulisan yang tidak sistimatis akan membuat pembaca bingung menemukan pokok pikiran anda.

Semua mahasiswa dimanapun pasti tau kalau yang namanya penelitian skripsi adalah syarat wajib buat menyelesaikan kuliah. Tapi, proses pengerjaan penelitian skripsi ini tuh tidak segampang membalikkan telapak tangan.

Soalnya, kita harus cari sumber-sumber yang kadang susah sekali buat ditemukan, dan ini jelas jadi kendala buat kita untuk masuk ke bab selanjutnya. Hal kaya begini, pastinya bikin kita jadi mager alias males gerak buat ngelanjutin penelitian skripsi ini.

Nah, buat kamu yang kebetulan lagi mengalamin masalah seperti itu, kamu tidak perlu bayar orang untuk minta menyelesaikan skripsi. Karena, selain itu membuat kamu jadi kurang usaha, kamu juga jadi buang-buang uang. 

Untuk Artikel Kali ini TeknoCom akan memberikan beberapa situs yang bisa membantu kalian para anak kuliahan semester akhir untuk mencari referensi judul skripsi, Berikut 6 Situs tersebut


Microsoft Academic


Microsoft Academic adalah mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Layanan ini punya fitur filter buat membantu kalian untuk mencari sumber penelitian. Lewat filtur itu, kalian akan lebih gampang buat mencari jurnal berdasarkan penulis atau afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang kalian cari.

Kalo kalian merasa kesulitan atau bingung buat make Google Schoolar, layanan punya Microrosoft ini kayanya cocok untuk kalian. Soalnya, fitur filter tersebut bikin pencarian kalian jadi lebih spesifik.

Resseach Gate

Situs yang satu ini pasti sudah populer di kalangan mahasiswa. Situs ini bisa dibilang semacam media sosial yang dipake buat sharing penelitian. Peneliti dari belahan dunia manapun bisa saling sharing karya penelitian mereka lewat situs ini.

Dibanding situs diatas, situs ini memang tidak terlalu lengkap. Tapi, di situs ini kalian bisa tanya langsung pada pemilik jurnal. kalian bisa kasih saran, komentar bahkan bisa mengajukan pertnyaan kepada si penulis. ingat pertanyaannya harus sama seperti yang di tulis ya.

Library Genesis


SItus yang satu ini bisa dibilang penyedia buku digital paling lengkap sejagad raya. Macem-macem buku dari yang formatnya pdf, mobile, sampe ePub semuanya tersedia di situs ini. Yang lebih kerennya lagi, semuanya itu bisa kalian dapatkan secara gratis. Buku-buku digital yang ada di situs ini Sudah ada buat semua jenis jurusan, dari ekonomi, politik, sampe bahasa semuanya Sudah tersedia lengkap.

Tapi sayangnya, karena situs ini isinya buku gratisan, fitur filter yang ada di situs tersebut agak kurang akurat. Jadi, kalo kalian mau download ebook dibuku ini, jangan sampe ada kesalahan pas nulis keywordnya oke

Google Scholar



Layanan buatan Google ini, akan memungkinkan kalian untuk mencari berbagai materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Layanan yang diluncurkan pada tahun 2016 ini, di dalamnya ada jurnal-jurnal online dan publikasi ilmiah yang lumayan lengkap. Terus, lewat layanan ini kalian juga akan lebih gampang untuk mengutip sebuah publikasi dalam berbagai macem jenis citasi.

Jadi, buat kamu yang bingung nyari-nyari jurnal dan materi teks lain kamu harus banget buka situs ini. Daripada harus jauh-jauh ke perpustakaan mending ini aja, diakses dari rumah juga bisa. 

Indonesia Publication Index

SItus yang lebih dikenal dengan portal garuda ini tuh mirip sama Google Scholar atau Microsoft Academic. Bedanya, situs ini cuma menampilkan jurnal yang berbahasa Indonesia saja. Nah, kalau kalian kebetulan bahasa Inggrisnya kurang bagus atau lagi cari jurnal yang pake bahasa Indonesia. Tidak usah berfikir dua kali, langsung saja buka situs ini. 

Ressearch Gate 



ResearchGate ini adalah media sosial buat para peneliti. Terus, situs ini tidak cuma berguna untuk mengerjakan skripsi saja. Tapi juga berguna untuk kalian yang mau lanjut sekolah dari S1 ke S2.

Di dalam situs ini juga ada forum diskusi yang melibatkan para peneliti dari seluruh dunia. Jadi, kalian akan lebih leluasa buat melontarkan pertanyaan dalam forum, dan bakal dapet jawaban dari pengguna yang lain.

Menurut mamang situs ini paling cocok untuk kalian yang lagi mau mengerjakan skripsi, dengan sumber yang banyak dan forum yang terdiri dari berbagai peniliti jelas pengetahuan kamu bakal terus bertambah. Dan pertanyaan sulit yang kamu hadapi pas di skripsi juga akan bisa terjawab lewat forum diskusi di situs ini. 

Demikian Artikel dari TeknoCom, mudah - mudahan dapat membantu untuk teman - teman sekalian sehingga dapat menemukan referensi pembuatan skripsi, dari 6 situs diatas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »