Penjelasan Lengkap, bagaimana cara kerja Keylogger

Pengertian Dan Fungsi Keylogger
 
Keylogger bukanlah software yang terbilang baru dalam teknologi saat ini. Jangan kalian anggap remeh dengan software yang satu ini. Berbicara mengenai keylogger, software ini sempat menjadi pro dan kontra. Mengapa ? bila diperhatikan cara kerjanya, keylogger bekerja seperti mata-mata. Bila anda mengakses internet melalui komputer atau Laptop yang telah terinstall keylogger, kemudian kalian membuka account seperti, facebook , twitter, email, dll, semua data dan password kalian akan dapat terekam pada software ini, apalagi anda mengakses internet di warnet yang terinstal Keylogger ini, data - data yang anda akses di internet akan sangat mudah di curi. Bagi kalian yang ingin tahu mengenai keylogger bisa kalian lihat penjelasan lebih lanjutnya disini. 

Apa itu Keylogger?? \
 Keylogger merupakan suatu perangkat yang bisa berupa perangkat keras atau perangkat lunak. Perangkat ini dibuat dengan tujuan untuk memantau penekanan tombol pada keyboard. Biasanya sebuah keylogger akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log atau catatan. Beberapa keylogger tertentu bahkan dirancang khusus untuk dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik. Canggih, bukan?

Keylogger dalam bentuk hardware biasanya memiliki ukuran yang sebanding dengan ukuran baterai (AA). Perangkat ini dipasang di ujung keyboard. Keylogger jenis hardware jarang digunakan dan tidak terlalu populer. Sedangkan keylogger dalam bentuk software, diinstal dalam komputer secara tersembunyi. Bahkan bisa dihidden dari Add or Remove Program pada Windows. 


Bagaimana cara kerja keylogger?? 
Secara umum dan sederhana, cara kerja keylogger adalah merekam segala sesuatu yang diketikkan melalui keyboard. Hasil rekaman disimpan dalam bentuk catatan atau log. Untuk mendapatkan tombol keyboard yang sedang ditekan memerlukan sebuah fungsi. Untuk menggunakan fungsi ini program membutuhkan timer untuk memonitor tombol-tombol yang di gunakan sencara continue. Parameter yang digunakan pada fungsi ini berupa nilai ascii. 


Lalu, Keylogger bahaya atau tidak?? 
Nah, mungkin ini pertanyaan yang paling luas bila dilihat dari berbagai sudut pandang. Keylogger bisa bersifat jahat atau baik tergantung tujuan dari pemakai keylogger. Tujuan yang baik, misalnya digunakan untuk memantau aktivitas karyawan ketika bekerja di kantor, memantau komputer anak di rumah, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti-bukti kejahatan. Sedangkan tujuan jahat, contohnya adalah pencurian data atau password. Mungkin bagi Anda yang pernah menjadi korban penggunaan keylogger akan merasa sangat jengkel. Apalagi bila hal tersebut ditambah dengan tercurinya password penting akun Anda di dunia maya. Pasti kesal minta ampun.


Bagaimana cara mendeteksi komputer terinstal Keylogger??
Sulit mendeteksi suatu komputer terinstall keylogger atau tidak. Apalagi komputer tersebut dalam keadaan terkoneksi dengan jaringan internet. Mungkin Anda pernah mendengar orang-orang yang kehilangan data atau hak akses akunnya. Oleh karena itu, anda patut berhati-hati saat browsing internet. Bisa saja kita menjadi salah satu obyek hacker yang menggunakan keylogger. Selain itu, keylogger ini juga berjalan secara tersembunyi persis seperti mata-mata. Namun, masih ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mendeteksi keylogger pada komputer atau laptop kita.
Pertama, Lakukan pengecekan proses aplikasi yang aktif pada Task Manager, kemudian lihat proses aplikasi yang aktif, bila terdapat keylogger, sebaiknya dihapus saja dengan mengklik End Proccess.
Kedua, coba cek perangkat komputer Anda. Bila ada benda aneh di ujung kabel keyboard, kemungkinan itu adalah keylogger jenis hardware. Ini juga bisa dilakukan pada komputer di warnet.
 

Bagaimana Cara mencegah keylogger??
Bila dilihat dari penggunaan keylogger yang digunakan orang untuk tujuan jahat. Kita bisa melakukan banyak cara.

Pertama, gunakan on screen keyboard. Cara ini mungkin sedikit membuat kita repot. Bayangkan saja kita mengetik dengan mengklik satu persatu tombol di on screen keyboard. Cara ini bukan yang terampuh karena ada beberapa keylogger yang mampu membaca sesuatu yang kita ketikkan di on screen keyboard.
Kedua, coba gunakan software anti keylogger. Anti keylogger relatif bisa menangkal keylogger tersebut. Cara kerja anti keylogger, yaitu menenkripsi apa yang kita ketik sehingga yang terbca di keylogger tidak seperti yang kita ketik.

Ketiga, selalu waspada. Bila kita tidak ingin repot, ada baiknya selalu waspada saat browsing internet terutama saat menggunakan komputer di warnet tertentu. Tidak ada salahnya kita selalu melakukan pengecekan pada komputer terinstall keylogger atau tidak. Demi keamanan dan privacy data yang kita miliki, sebisa mungkin kita melakukan proteksi diri sejak dini.

Jadi, kesimpulannya bahwa keylogger bisa bahaya bagi kita bila ada orang yang menyalahgunakan perangkat tersebut. Sebaliknya, keylogger akan sangat bermanfaat bila digunakan untuk tujuan yang positif. Seperti yang telah dijelaskan, salah satunya adalah bila Anda mempunyai anak, keylogger dapat digunakan untuk memantau komputer atau laptop anak Anda. Anda bisa mengetahui apa saja yang dilakukan anak ketika beroperasi menggunakan komputer di rumah.

demikian artikel dari TeknoCom apabila ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom Komentar. Thanks For Watching, See You Next Artikel. Artikel yang akan di bahas selanjutnya tentang Cara merekam aktivitas komputer, menggunakan Child Safe Keylogger 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »