Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone



Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset Smart Pnone

TeknoCom - Walaupun Terlambat Ngucapinnya, Saya Selaku Admin TeknoCom Update Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Minal Aidzin Wal Fa'idzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Dan sebelumnya juga saya meminta maaf pada Pembaca setia TeknoCom Update karena baru lagi kali ini update artikel baru, Maklum Lagi kemarin lagi banyak urusan pas lebaran dan lepas lebaran. Baiklah langsung saja untuk artikel kali ini TeknoCom Update Akan merangkum Tentang Chipset pada Android, Hardware Vital yang bekerja pada android, agar kita semua pengguna Smartphone Mengerti dan Mengelanal Macam - Macam Chpset Kegunaan dan cara kerjanya. Berikut Semua Akan di Ulas Pada Artikel Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone

Oprekers pernah mendengar istilah Chipset? Tahukah kamu apa itu chipset? Yuk, kita mengenal bermacam chipset pada smartphone Android. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Chipset pada smartphone dan tablet berbeda dengan Chipset pada komputer PC. Dalam perangkat komputer PC, Chipset bekerja lebih spesifik dan terpisah dari CPU yang bekerja dalam menangani perhitungan.

Di perangkat PC, Chipset justru bekerja mengontrol memori, grafis, sound, dan CPU itu sendiri. Lain hal dengan perangkat smartphone atau tablet. Chipset pada perangkat mobile sering dikenal sebagai sebuah SoC. Istilah ini berarti system-on-a-chip yang berarti sebuah chip silikon yang didalamnya terdiri dari semua komponen.

Di dalam sebuah SoC, terintegrasi berbagai komponen yang mendukung kinerja smartphone. Di dalamnya terdapat sebuah prosessor, pengolah grafis, memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). SoC ini dibangun agar lebih efektif dan fungsional. Hal ini juga berhubungan dengan bentuk smartphone yang memiliki ukuran relatif kecil. Dengan teknologi SoC ini tentunya semua sistem bekerja lebih optimal dan memakan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem CPU pada perangkat PC.

MACAM-MACAM CHIPSET SMARTPHONE

Setelah mengetahui perihal SoC, maka saatnya mengenal Chipset yang ada di smartphone atau tablet. Apa saja macam-macam Chipset tersebut? Berikut pemaparannya.

1. Qualcomm Snapdragon

Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset Qualcomm Snapdragon

Prosesor ini merupakan CPU Android yang sering digunakan oleh banyak produsen smartphone ataupun tablet Android. Prosesor buatan Amerika ini sekarang sudah meluncurkan 4 generasi, yaitu Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3, dan Snapdragon S4. Tidak ada yang meragukan kualitas dari prosesor ini, karena kualitasnya yang memang memiliki kemampuan lebih baik dari CPU lainnya.

Grafik yang ditopang dari prosesor Qualcomm adalah anak buah dari ATI, yaitu Adreno. Jika Anda seorang gamers, sepertinya Anda memilih gadget yang tepat dengan menggunakan CPU Snapdragon dari Qualcomm ini.

Chipset dari Qualcomm ini memiliki keunggulan dari segi performa, konsumsi daya, dukungan grafis, dan koneksi 4G. Jenis Chipset yang terkenal dari perusahaan ini adalah Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon 800

Qualcomm mengklaim prosesor single-core nya memiliki clock 1.4Ghz dengan performa yang lebih baik dari prosesor lain yang sudah dual-core. Contoh gadget yang menggunakan Qualcomm adalah Samsung Galaxy W, Motorola Fire XT, HTC Sensation XE, Lenovo A706.

2. Mediatek 

Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset Mediatek
Salah satu produsen prosesor besar dari Asia selain Samsung yang banyak digunakan oleh para produsen gadget adalah Mediatek atau yang biasa disingkat MTK. Perusahaan yang berbasis di China ini adalah produsen prosesor kelas wahid tetapi memiliki harga yang murah. Jika Anda melihat spesifikasi gadget-gadget lokal seperti LG G Pro Lite, IMO, Mito, Lenovo, ataupun Acer dan Asus dari Taiwan, tentu akan terlihat bahwa prosesor yang digunakan adalah buatan Mediatek.

Khusus bagi Anda yang memiliki budget rendah untuk memiliki gadget Android, gadget dengan prosesor Mediatek adalah solusinya. Untuk kualitas Anda tidak perlu khawatir, karena prosesor ini memiliki kinerja yang baik, selain itu untuk grafisnya dibantu oleh PowerVR. Bahkan kini, Chipset yang diawali dengan kode MT dan diikuti dengan empat kode angka ini sedang mengembangkan Chipset 64-bit

Sayangnya untuk daya energi, Anda harus cermat memilih gadget Android yang memiliki suplai baterai yang besar. Konsumsi baterainya yang boros adalah minus dari prosesor ini, tetapi untuk kekuatan dalam visualisasi, tenaga baterai tersebut dialihkan untuk menghasilkan visual yang baik dan smooth .

3. NVIDIA TEGRA

Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset NVIDIA TEGRA

Nvidia juga dikenal sebagai penyedia SoC yang cukup ternama. Perusahaan yang dikenal sebagai penyedia kartu grafis ini memang menghadirkan Chipset yang berkualitas. Salah satu Chipset andalannya adalah Nvidia TEGRA 3 dan Nvidia TEGRA 4. Kedua Chipset ini dikenal sebagai Chipset yang powerful terutama untuk mendukung kebutuhan bermain games baik lewat tablet maupun lewat smartphone.

Prosesor Nvidia Tegra memiliki konsumsi daya yang minimum, sehingga cocok untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan multimedia Anda, baik untuk bermain games atau memutar video HD. Sayangnya, gadget Android yang menggunakan prosesor ini terbilang menengah ke atas, salah satu contohnya adalah HTC One X yang disisipi Nividia Tegra 3.

Saat Anda menggunakan smartphone tersebut kinerja yang dihasilkan sangat maksimal dan tentunya daya yang diserapnya sangat minimal sekali sehingga baterai yang digunakan pun tidak perlu yang memiliki kekuatan diatas 2.000mAh agar dapat stand-by lebih lama. Sedangkan untuk menengah ke bawah, kini Acer Iconia Tab A200 dapat Anda lirik dengan menggunakan processor Nvidia Tegra 2 dual-core.

4. Chipset OMAP

Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset OMAP

OMAP merupakan processor yang diproduksi oleh Texas Instrument, saat ini tersedia OMAP 1 sampai dengan OMAP 4. Processor OMAP 4 merupakan langkah awal texas instrument versi dual core. Processor OMAP juga sering digunakan  oleh smartphone dengan kinerja yang handal diantaranya samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S hingga tablet archos. Keunggulan OMAP mampu memberikan dan memproses tampilan situs pada internet layaknya website pada PC, User interface lebih cepat dengan konsumsi daya lebih sedikit, menunjang kamera primer dan sekunder lebih kuat serta mampu menampilkan video Full HD.

Texas Instrument  juga baru saja memperkenalkan generasi ke lima dari jenis prosesor OMAP. OMP5 yang akan diperkenalkan dalam dua versi, OMAP5430 dan OMAP5432 akan dibangun dengan teknologi semi konduktor 28nm. Penggunaan teknologi ini pun akan semakin meningkatkan efisiensi tenaga dari prosesor. Namun, Anda tidak akan mendapati prosesor Quad Core milik Texas Instrument. Dua prosesor tersebut merupakan prosesor dengan arsitektur ARM Cortex A15 dengan clock 2GHz.

 5. Chipset Exynos


Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset Exynos

Exynos merupakan prosesor buatan Samsung Electronics dan secara khusus digunakan untuk Samsung Mobile. Prosesor ini menawarkan beberapa kelebihan yang mungkin dapat membuat Anda tertarik memiliki produk dengan prosesor Exynos ini. Sensasi bermain game 3D akan terasa lancar tanpa adanya lag, karena GPU yang digunakan adalah GPU Mali 400 yang tentunya sudah banyak gadget yang menggunakan grafis dari Mali seperti iPad 2 dan Samsung Galaxy SII.

Lalu, kinerja terbaik yang dapat dilakukan olehprosesor ini adalah multitasking pada gadget Android Anda, baik itu smartphone ataupun tablet. Walaupun prosesor ini sudah mendukung multi-core, tetapi daya yang diserapnya terhitung efisien. Salah satu gadget yang menggunakan processor ini adalah Samsung Galaxy SIII (Exynos 4212 Quad-core).

6. Chipset PXA

http://infoteknocom.blogspot.co.id
Chipset PXA

Meski jarang digunakan tapi sebenarnya chipset Processor yang di produksi Marvell ini sudah memiliki 8 versi, salah satunya ialah versi PXA1918 yang ternyata support menggunakan 32 bit dan 64 bit. Smartphone yang pernah menggunakan Chipset ini ialah Samsung Galaxy Tab, HP Slate Voicetab Series, Motorola Moto dan HTC Advantage X7510 ponsel lawas yang menggunakan OS Microsoft Windows Mobile 6 Professional.

7. Apple Chipset 


Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Apple Chipset
Untuk Chipset ini, kita tidak bisa berkomentar lebih karena hanya Produk Apple lah yang bisa menikmati chipset ini . Chipset ini digunakan sejak perilisan iPhone generasi 1 dimana pada saat itu Apple turut membuat era smartphone menjadi tenar sampai sekarang. Chipset dari Apple ini tidak hanya untuk iPhone saja bahkan di gunakan di iPad, iPod, Apple TV, dan Apple Watch. Chipset terbarunya ialah A9 dengan ARMv8-A untuk iPhone 6s/6s Plus dan iPad Pro .

8. Chipset INTEL
Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone
Chipset  INTEL
Seperti NVDIA Tegra, Intel juga memiliki Chipset di lini smartphone. Meskipun terlambat mengeluarkan chipset ke ranah smartphone tapi terbayar lunas tuntas oleh hadirnya Chipset Intel Atom . Salah satu keunggulan yang mereka klaim ialah membuat chipset lebih baik pada ranah perangkat Pc x86, dengan kata lain membuat processor Dual Core serasa QuadCore. Dan Intel tentu saja berhasil membuat kerja nyata seperti smartphone Asus Zenfone, Lenovo, Dell Venue, Acer Iconia, Motorola, Samsung Galaxy Tab, dan Axioo dengn PICOphone i1 yang pertama mencicipi chipset terbaru dari Intel. Ya Intel Atom X3(SoFIA) yang mereka klaim tidak boros baterai bahkan minim overheat.

Itulah rangkuman artikel tentang Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone, Semoga artikel ini dapat bermanfaat kepada pembaca setia TeknoCom Update, dan agar lebih selektif lagi menentukan SmartPhone yang akan di pilih dan di beli nantinya sesuai chipset yang yang performanya di atas rata-rata. Demikian artikel kali ini mengenai Mengenal Lebih Dalam Kegunaan Macam - Macam Chipset Pada Smart Phone. Apabila ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom Komentar. Sekian dan Terima Kasih


Persaingan Chipset Smartphone Silahkan Simak Video Reviewnya di bawah ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »