Penjelasan Lengkap Tentang Link Doffolow dan Link Noffolow

http://infoteknocom.blogspot.co.id

TeknoCom - Apa itu link dofollow? Dan apa itu link nofollow? Mungkin itulah pertanyaan yang ada di pikiran sobat ketika mendengar kata dofollow dan nofollow ini. Maka dari itu saya akan membahasnya di artikel kali ini.  Pada awal saya bermain blog, Istilah yang saya sering dengar pada teman yang lebih dulu bermain blog adalah Doffolow dan Noffolow, dan saya selalu bertanya tanya dalam hati.. Dofollow dan nofollow sudah tidak asing di telinga para blogger. "apa itu link dofollow?" dan "apa itu link nofollow?" serta "apa yang membedakannya?". Untuk mengetahui jawabannya simak ulasan dibawah.

1. Pengertian Link Doffolow 
Apa itu link dofollow? Kata 'dofollow' berasal dari bahasa Inggris yang artinya mengikuti. Jadi pengertian dari link dofollow itu sendiri adalah sebuah link yang akan di ikuti (crawl) oleh Google bot. Misalnya anda mengunjungi sebuah blog dofollow dan lalu anda berkomentar menggunakan Name/Url ataupun menyisipkan link hidup di komentar yang menuju ke blog anda. Maka saat Google bot melakukan crawling (merayapi) atau melakukan index page, Google bot akan mengikuti kemana arah link yang kamu buat di komentar tadi di karenakan blog tersebut yang bersifat dofollow, dan lalu Google bot juga akan merayapi dan mengindex blog anda

2. Pengertian Link Noffolow
Apa yang di maksud dengan link nofollow? Kata 'nofollow' juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya tidak mengikuti. Jadi pengertian dari link nofollow adalah sebuah link yang tidak akan di ikuti atau tidak akan di rayapi (no crawl) oleh Google bot. Misalnya anda mengunjungi sebuah blog nofollow dan lalu anda berkomentar menggunakan Name/Url ataupun menyisipkan link hidup di komentar yg menuju blog anda. Maka saat Google bot melakukan crawling (merayapi) atau melakukan index page, Google bot tidak akan mengikuti kemana arah link yang anda buat di komentar tadi dan akan melewatkan link tersebut, dikarenakan blog tersebut yang bersifat nofollow.

3. Perbedaan Link Doffolow dan Link Noffolow
Apa perbedaan link dofollow dan nofollow? Perbedaanya adalah jika link tersebut bersifat dofollow maka Google bot akan ikut mengikuti kemana arah link tersebut dan merayapinya (crawl), sedangkan jika link tersebut bersifat nofollow maka Google bot tidak akan mengikuti kemana arah link tersebut, mengabaikanya dan tidak akan merayapinya 

4. Kelebihan Link Dofollow Dan Nofollow

Link Nofollow
  • Lebih disukai dan diminati oleh Google dalam hal SEO, karena mesin pencari lebih suka jenis blog yang bersifat nofollow.
  • SEO blog akan meningkat.
  • SPAM komentar pada blog tidak terlalu banyak, karena blog dofollow lebih diminati.
  • Tidak dapat dianggap junk blog oleh search engine seperti google.
  • Pagerank yang kita dapatkan cenderung lebih murni dan stabil.
  • Rank Alexa cenderung stabil dan dapat lebih ramping.
  • Lebih cenderung terlindungi dari penalti google seperti google panda, karena traffic blog lebih stabil dan aman dari kecurigaan google.
  • Keluar masuknya link ke blog, lebih stabil.
  • Aman dari orang-orang yang berkomentar keluar dari topik (Spam) untuk mencari backlink.

Link Dofollow
  • Lonjakan traffik naik drastis yang luar biasa.
  • Mendapatkan komentar yang banyak karena dapat menghasilkan backlink bagi orang yang berkomentar.
  • Blog dofollow lebih diminati dan lebih populer saat beraliran nofollow.
  • Banyak orang-orang berlangganan artikel pada blog dofollow.
  • Walaupun, jarang membuat artikel pengunjung blog tetap stabil.

5. Kekurangan Link Dofollow Dan Nofollow

Link Nofollow
  • Komentar yang didapatkan tergantung kualitas konten blog, karena blog nofollow cenderung sedikit dalam komentar.
  • Pengunjung blog lebih sedikit daripada blog dofollow.
  • Blog tidak terlalu terkenal.
Link Dofollow
  • Banyak komentar SPAM, demi untuk mencari backlink pada blog dofollow.
  • Tidak terlalu disukai oleh google karena terlalu banyak keluar link (Outbond Link) dari blog tersebut.
  • Pengunjung biasanya berkomentar keluar dari topik (OOT).
  • Karena terlalu banyak link keluar dari blog, maka search engine susah untuk mengindeks blog anda.
6. Cara Membuat Link Doffolow dan Link Noffolow
Bagaiman cara membuat Link Doffolow dan Link Noffolow?? Berikut cara membuatnya secara tepat. caranya sebagai berikut 
  
Link Doffolow
    Cara membuat link dofollow sangatlah mudah karena link dofollow hanya menggabungkan Anchor Text dan ditambahkan rel='dofollow' untuk membuat suatu link dofollow. Contoh :  
    <a href="http://infoteknocom.blogspot.co.id" rel='dofollow'> TeknoCom Update </a>
     
Link Noffolow
    Caranya sama dengan link dofollow hanya menggabungkan dengan Anchor Text, tetapi ada yang berbeda yaitu menambahkan rel='nofollow'. Contoh :
    <a href="http://infoteknocom.blogspot.co.id" rel='nofollow'> TeknoCom Update </a>
http://infoteknocom.blogspot.co.id
Jika berbicara tentang link dofollow dan nofollow, pasti berkaitan dengan backlink. Ya, karena backlink itu terbagi menjadi dua berdasarkan sifatnya, yaitu backlink dofollow dan nofollow.

Sebenarnya link dofollow dan nofollow itu sama - sama terindex dan terhitung sebagai backlink. Namun tidak semua backlink nofollow dapat terindex dan terhitung sebagai backlink, dikarenakan sifatnya yang nofollow tersebut.

Dari segi kualitas, backlink yang bersifat dofollow lebih unggul dibandingkan dengan backlink yang bersifat nofollow. Itu karena backlink yang sifatnya dofollow akan ikut dirayapi oleh Google bot ketika melakukan perayapan (index page).

Manfaat yang di dapatkan dari mendapatkan backlink dofollow adalah blog kita akan lebih sering dirayapi oleh Google bot, dikarenakan banyaknya backlink - backlink dofollow yang mengarah ke blog kita di blog lain, sehingga menjadikan backlink tersebut menjadi sebuah jembatan (penghubung) yang akan dilalui Google bot untuk menuju blog kita.

Dengan begitu blog kita akan lebih cepat proses index pagenya dikarenakan sering dirayapi oleh Google bot melalui backlink - backlink dofollow dan blog kita juga akan mendapatkan pagerank dari Google dari backlink - backlink dofollow tersebut.

Untuk mengetahui Blog yang bersifat Noffolow dan Doffolow silahkan baca artikel berikut : Contoh Blog Noffolow dan Blog Doffolow, selain link Doffolow dan Noffolow kalian juga bisa mendapatkan backlink di situs Social bookmarking baca selengkapnya di 50 Situs Web Bookmarking Yang Bisa di Manfaatkan Sebagai Lahan Backlink Blog

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »